Google ads

Sabtu, 27 Juni 2015

Shigella dysenteriae



Taksonomi Shigella dysenteriae
            Menurut Entjang (2003), Klasifikasi Shigella dysenteriae adalah sebagai berikut :
       Filum        : Protophyta
       Kelas        : Schizomycetes
       Ordo         : Eubacteriales
       Famili       : Enterobactericeae
       Genus       : Shigella
       Spesies     : Shigella dysenteriae
Morfologi Shigella dysenteriae
            Shigella dysenteriae merupakan bakteri patogen pada usus yang dikenal sebagai penyebab penyakit disentri pada manusia. Bakteri ini berbentuk batang, tidak bergerak, tidak berspora, tidak berselubung, fakultatif aerob dan Gram negatif serta mengeluarkan endotoksin (Entjang, 2001).

 Pembiakan dan Pertumbuhan Shigella dysenteriae
            Shigella dysenteriae dapat tumbuh dengan baik pada media yang digunakan sehari-hari seperti SS AGAR, Endo agar, EMB agar, dan Mac Conkey agar karena dapat meragikan glukosa. Shigella membentuk asam dan karbohidrat, tetapi jarang menghasilkan gas. Shigella bersifat aerob dengan suhu optimum 370C dan ph 6,4-7,8. Koloni shigella dysenteriae pada media EMB agar, Endo agar, SS agar, dan Mac Conkey agar, tidak berwarna (Soemarno, 2000).
Struktur Antigen
            Shigella mempunyai susunan antigen yang kompleks, sebagian mempunyai antigen O dan beberapa diantaranya memiki antigen K (Jawetz, 2005).
Patogenitas Shigella dysenteriae      
            Infeksi Shigella terjadi pada saluran pencernaan. Shigella menyebabkan 3bentuk diare yaitu : 1. Dysentri klasik dengan kombinasi tinja yang lembek dan disertai darah. 2. Watery diare. 3. Kombinasi keduanya. Gejala klinik yang ditimbulkan berupa demam dan nyeri abdomen. Penyembuhan terjadi 2-7 hari (Jawetz, 2005).
Pengujian secara In vitro
            Pengujian secara in vitro adalah pengujian yang dilakukan diluar tubuh, yang berkenaan dengan percobaan biologis yang dilakukan didalam petridisk atau alat laboratorium lainnya dengan tujuan untuk melakukan percobaan di dalam laboratorium (Irianto, 2006).

Tidak ada komentar:

Google Ads