Google ads

Kamis, 25 Agustus 2016

Evaluasi Potensi Antioksidan dari Ekstrak



Uji Total Fenolik
            Konsentrasi fenolat dalam ekstrak ditentukan dengan metode dari Singleton dan Rossi (1965) yang telah dimodifikasi. Konsentrasi yang berbeda dari ekstrak dicampurkan dengam 1 mL dari reagen Folin-Ciocalteu yang telah diencerkan sebanyak 10 kali dan 1 mL natrium karbonat jenuh. Campuran dibiarkan bereaksi selama 30 menit pada suhu 30°C dan diukur absorbansi pada panjang gelombang 765 nm menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Kemudian jumlah fenolat dihitung menggunakan kurva standar asam galat dan hasilnya digambarkan sebagai ekuivalen mg asam galat/ekstrak.

Uji Penangkapan Radikal DPPH
       Aktivitas penangkapan radikal diukur secara in vitro menggunakan uji 1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl (DPPH). Konsentrasi ekstrak yang bervariasi diambil sebanyak 2,5 mL dicampurkan dengan 5 mL larutan DPPH 0,1 mM. Campuran dikocok dengan baik dan diinkubasi selama 20 menit di tempat gelap. Absorbansi sampel diukur pada panjang gelombang 517 nm menggunakan spektrofotometer. Aktivitas radikal dari ekstrak pada konsentrasi yang berbeda ditentukan dan dibandingkan dengan butil hidroksi anisol (BHA) yang digunakan sebagai standar. Larutan DPPH tanpa ekstrak/standar membentuk kontrol. Aktivitas penangkapan radikal DPPH dinyatakan sebagai berikut:
% Penangkapan radikal DPPH = 100 x (A0-As) / A0
dengan A0 sebagai absorbansi kontrol dan As merupakan absorbansi sampel. Semua sampel dianalisis sebanyak 3 kali pengulangan dan aktivitas radikal dihitung menggunakan rataan standar deviasi (SD).

Total Kapasitas Antioksidan
  Total kapasitas antioksidan dari berbagai ekstrak dievaluasi menggunakan metode phosphomolybdenum dari Prieto (1999) yang telah dimodifikasi. Sebanyak 300 mg ekstrak dilarutkan dalam campuran 2 mL larutan reagen (asam sulfat 0,6 M, natrium fosfat 28 mM, dan amonium molibdat 4 mM) dan diinkubasi pada suhu 95°C selama 90 menit. Setelah sampel didinginkan pada temperatur kamar, absorbansi larutan diukur pada 695 nm terhadap reagen kosong yang hanya berisi masing-masing pelarut.

Tidak ada komentar:

Google Ads