Google ads

Kamis, 31 Desember 2015

PELAYANAN FARMASI RUMAH SAKIT



Farmasi rumah sakit menyediakan pelayanan pengobatan, farmasi menerangkan setiap aspek sari manajemen pengobatan dan informasi obat untuk pasien yang dirawat  didalam dan diluar rumah sakit, juga untuk personal pokok rumah sakit yang memberikan perawatan dirumah-rumah mereka misalnya bidan dan beberapa komunitas perawat. Ada beberapa tipe kesehatan klinik yang membutuhkan farmasi, salah satunya untuk merawat pasien-pasien dengan segera seperti klinik gigi, atau menyediakan produk-produk untuk digunakan dirumah seperti HEAD LICE SHAMPOOS dan merencanakan beberapa keperluan keluarga. Bab ini memperhatikan bermacam-macam kebutuhan dan metoda dalam mempersiapkan unit-unit yang berbeda. Hal ini sangat penting untuk mengigat sebuah pendekatan terhadap kebutuhan yang fleksibel dan sebuah perhatian yang sunguh-sungguh dan perhatian untuk pengguna kebutuhan yang esensial untuk suatu pelayanan yang berhasil. Ini diambil dari prinsip dalam Medicines Act 1968, untuk mengontrol keamanan, kualitas dan keberhasilan pengobatan dan memperpanjang tujuan pengguna sejauh mungkin. Untuk mencapai hal ini harus diberikan suatu pertimbangan dalam penyimpanan, manajemen stok dan metoda penggunaan obat dan peresepan sama dengan metoda administrasi. Farmasi dapat berharap untuk mencapai hal tersebut dengan membuat kesempatan untuk bertemu pengguna dan dengan membangun sebuah kerjasama yang baik. Ini tidak berarti farmasi diperlukan untuk setiap unit. Khususnya, National Health Service (NHS) yang besar akan mempunyai satu pusat farmasi di Rumah sakit umum daerah (District General Hospital (DGH)) yang menyediakan pelayanan tidak cuma pada bangsal- bangsal dan departemen-departemen,BUT ALSO OFTEN ON A CONTRACT BASIS TO NEIGHBOURING TRUSTS.
Untuk beberapa tahun kebijaksanaan pelayanan kesehatan dilaksanakan dari bukan pasien ke pasien dalam suatu komunitas. Untuk itu harus ada integrasi yang baik antara komunitas dan pelayanan farmasi rumah sakit. Langkah awal dari model ini adalah jenis perawatan yang baru seperti tim untuk pelayanan kerumah-rumah dan segera dibentuk rencana untuk menghasilkan suatu ketetapan dalam perawatan dan juga dalam beberapa kasus pasien rawat jalan dengan penyakit akut yang dirawat dirumah. Perawatan yang harus dimiliki oleh suatu rumah sakit sebelum melewati izin praktek seperti kemoterapi sitotoksik, dialysis, intravena (IV), terapi untuk pasien Human Immunodeviciency Virus (HIV), nutrisi parentral dan enteral dan semua yang biasa dijalankan dirumah. Sesekali dibutuhkan dukungan dari farmasi untuk memberikan model perawatan yang lain yang lebih berhasil. Hal ini adalah cara lain untuk mengembangkan pelayanan farmasi rumah sakit dan digolongkan kepada pengembangan spesialis dan pelayanan baru.
Para manager farmasi bersaing untuk mendapatkan biaya untuk membiayai dan mengembangkan pelayanan mereka. Mereka meyakini non farmasi memberikan nilai dalam pelayanan yang professional, sejak itu farmasi tradisional telah memberikan dukungan fungsi yang sederhana. Pekerja lainnya tidak selalu sadar akan kebutuhan terhadap nasehat farmasis dan mungkin pelayanan yang lain dapat menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan obat. Peralatan yang tersedia sekarang mendukung    peran farmasi dalam organisasi. NHS Executive Controls Assurance Standart mengaudit daftar dokumen standar untuk menghandle pengobatan pada setiap tahap di dalam setiap organisasi, menjelaskan defenisi kunci dari responsibility pimpinan farmasi. Dokumen ini diserahkan sebagaii dokumen yang memberikan pedoman untuk manajemen obat dalam rumah sakit dan The Duthy Report.

Bangsal dan departemem stok obat
           
            Farmasi rumah sakit biasanya telah menyediakan item-item sebagai stok di bangsa-bangsal dan digunakan untuk pasien. System yang lain dalam persediaan untuk bangsal yaitu dengan menggunakan kemasan yang tersedia di bangsal untuk dibagikan kepada setiap pasien per hari. Selanjutnya adalah menyerahkan unit dosis dan pengembangan ini telah ditemukan di USA, didalam sebuah pelayanan dimana biaya pengobatan pasien harus dibuat dalam bentuk faktur yang akurat. Dalam system ini digambarkan pengobatan di bangsal untuk setiap pasien,dan dibutuhkan farmasi setiap hari dalam perawatan ini. Beberapa rumah sakit NHS di UK menadopsi system pekerja intensif, meskipun menggunakan sektor pribadi sebagai mana di USA, staf tambahan dapat memberikan biaya untuk pasien. Penggantian ini memerlukan penentuan biaya yang akurat dalam perwatan pasien untuk direktorat klinik dan untuk memungkinkan data biaya yang akurat untuk memperoleh kontrak. Kesulitan utama dengan metoda tradisional  masalah dalam membagi sama rata secara akurat biaya dalam setiap bangsal dan departemen stok kepada konsultan dalam mencampurkan bangsal-bangsal spesialias dan fasilitas pelaksanaan perawatan dan diagnosa.
            Sama halnya dengan  dibangsal, penyediaan stok harus dibuat juga untuk setiap departemen dan klinik dan untuk proses menyediakan stok tersebut dibentuk suatu bagian utama dalam pekerjaan farmasi. Penyediaan item-item untuk bangsal merupakan kemasan asli. Resisten pada anak-anak haris dihindari, sejak perawat menemukan sesuatu yang tidak menyenangkan. Isi dari kemasan telah diadministrasikan untuk setiap pasien di bangsal yang telah mendapatkan resep, kemudian diserahkan item tsb pada pasien, administrasi hanya untuk pasien yang namanya tercantum di dalam label. Stok lain dari bangsal yang digunakan oleh perawat tanpa resep dokter contohnya disinfektan dan jenis-jenis antiseptic hand scrub disebut sebagai “ nursing items”. Untuk pasien rawat jalan item-item yang digunakan oleh perawat untuk administrasi adalah item yang berdasarkan resep atau dibawah kekuasaan direksi. Dalam semua kasus, jumlah kemasan yang akan dipilih dengan memperhatikan shelf life, turnover dan bioavaibilitas dalam kemasan komersil. Dimana tidak mungkin kemasan tersebut diproduksi kembali dalam jumlah besar di unit produksi dalam rumah sakit atau pembelian dari sebuah lisensi kemasan ulang yang digunakan. Dengan nyata, telah diserahkan item kepada seseoarang sesuai dengan nama pasien, dimana administrasi cuma untuk orang tersebut dan juga perusahaan mereka jika dipindahkan dari bangsal lain. Jumlah yang disediakan disesuaikan dengan perkiraan lamanya rangkaian pengobatan atau sebagai jalan antisipasi dalam suatu bangsal. Item lain yang gagal tidak boleh dijadikan sebagai stok bangsal.

Kontrol daftar stok di bangsal
            Daftar stok harus dikonsultasikan dengan pegawai atau staf bangsal, beberapa control harus dilakukan untuk item-item yang telah dimasukkan. Perawat melihat beberapa item sebagai stok sejak mereka melihat dan menyerahkan kepada individu. Dafatar stok meninjau berkali-kali dasar tetap tentang penggunaan data yang terdahulu tentang penggantian dan pemakaian, yang akan mengizinkan pembersihan pada slow-moving atau item yang tidak terpakai lagi dan penyesuaian dalam level stok naik atau turun. Hal ini penting untuk dibersihkan tentang penggunaan item-item semenjak mempengaruhi persentase dan pelabelan. Beberapa potensial kesukaran dalam pendataan Tabel 6.2
Semua departemen
Pertimbangan kebijaksanaan contohnya antibiotic, pengawasan infeksi, persetujuan perawatan dan prosedur pengobatan
Penyediaan item atau administrasi dibawah grup direksi pasien?
Mempunyai dafatar yang legal?
Resiko manajemen : penghindaran bahaya contoh : tidak terjadi dilusi pada ampul potassium klorida.
Departemen diagnosa
Preparat untuk isi perut mungkin bertentangan dengan isi perjanjian- mereka telah membungkus dan memberi label untuk pasien.
Perawat kaki
Dapat menyediakan perhatian kepasien yang memerlukan dengan melabelkan POMs.
Ahli kacamata
Dapat menyediakan perhatian kepasien yang memerlukan dengan melabelkan POMs.
Departemen kesehatan
Mereka yang berkuasa untuk mengqualifikasi perawat untuk jabatan dalam administrasi atau penyediaan item-item.
POMs : Prescription Only Medicines

Tipe item yang digunakan sebagi stok bangsal adalah sebagai pengobatan sekurang-kurangnya 5 atau 6 pasien menerima pada satu waktu, tidak mahal, dengan self-life yang baik, dan tidak ada kontra indikasi yang utama. Itu penting, untuk mengigatkan hal itu maka diperlukan kedatangan farmasi di bangsal, beberapa dosis akan diadministrasikan sebelum farmasis memeriksa resep. Demikian itu tidak cara untuk memberikan obat sebagi stok bangsal dan biasanya termasuk dalam peresepan eror. Sebagi contoh tablet nystatin, beberapa dokter yang kurang berpengalaman tidak menyadari bahwa itu tidak cocok untuk infeksi sistemik.

Membuat persediaan stok
            Hal ini diperlukan bagi perawat yang mencatat stok di bangsal, tetapi metoda yang lain ada yang memeriksa, ini bertujuan agar perawat dapat menyimpan dan memperoleh manajemen stok yang baik. Suatu percobaan dan metoda pengujian untuk suatu pelayanan dilakukan oleh teknisis farmasi atau asisten yang berada pada bangsal untuk memonitor dan mencatat stok. System ini memerlukan beberapa staf farmasi, tetapi menurut study oleh Collins pada tahun 1985 hal ini akan menyeimbangkan penyimpanan obat dari pemborosan di bangsal-bangsal. Sekarang system ini masih tetap bernilai dengan mengakui dokumen standar manajemen pengobatan. Nilai dari stok obat di bangsal yang tertinggi adalah antara α 2000- α 3000 untuk pembedahan atau pengobatan di bangsal dan terjadi sebuah reduksi rendah melewati semua stok milik departemen-departemen dalam sebuah rumah sakit besar yang menyebabkan stok terhambat karena ada penyimpanan uang. Langham dan Boggs baru-baru ini menggambarkan pekerjaan didalam bangsal seperti terknisi didalam sebuah direktorat pengobatan, peranan mereka lebih luas daripada peranan tertinggi yang sederhana, mereka cuma menngunakan grafik monitor pasien dan menyediakan item-item yang diserahkan  pada individu. Kewajiban mereka berhubungan dengan stok di bangsal terdapat pada tabel 6.2
Peranan teknisi dalam manajemen stok pada bangsal
Memesan stok obat-obatan ; membongkar dan menyimpan pengiriman
Mengorganisir dan rasionalisasi obat-obatan didalam trolley-trolley obat , juga memastikan peredaran obat.
Menyimpan stok obat dalam lemari dengan rapid an tidak menghasilkan hal-hal yang tidak diiginkan dalam farmasi
Memperbaharui daftar stok dengan farmasi klinik dan manager stok

            Pembuat tidak akan berusaha untuk memenuhi syarat penyimpanan pada waktu perawatan  dalam proses obat-obatan, tetapi dapat menunjukkan sesuatu yang lain yang benefit. Di tempat lain metoda dalam pencatatan menggunakan data elektronik yang menggambarkan panduan (lihat berikutnya).
            Bagaimana peranan stok pada bangsal dikirimkan tergantung pda keadaan local, seperti tariff yang digunakan dan kapasitas penyimpanan. Jarang pengiriman yang menganjurkan perawat untuk menimbun stok karena mereka merasa tidak aman dan dalam perjalanan panjang mereka mersa itu tidak ekonomis. Apabila stok berada pada level yang rendah maka bangsal-bangsal akan sibuk dan akan mempersiapkan sebuah dasar pengeluaran. Item-item harus disediakan sejak item tersebut didefenisikan sebagai stok yang seringkali digunakan dan kegagalan penyediaan akan membuat bangsal-bangsal meminjam atau berbuat seadanya. Oleh karena itu praktek menjadi tidak aman dan tidak efisien bagi bangsal dan farmasi.

Proses persiapan stok pada bangsal

            Secara tradisisonal , stok pada bangsal disiapkan sesuai norma yang berlaku, dengan seorang teknisi yang memimpin tim operasional dalam pendistribusian besar seperti supermarket. Alternatifnya disediakan area tersendiri untuk menyiapkan pesanan bangsal, proses penyediaannya dilakukan pada toko DGH farmasi local untuk menghindari perlakuan ganda pada stok. Dalam kasus lain hal ini tidak mungkin tanpa biaya –metoda efisien. Sekarang model baru dalam pendistribusian obat telah dikembangkan, beberapa menggunakan pesanan langsung dari supplier dan ini belum baik karena ada beberapa yang dipungkiri menjadi universal. Karr membuat kasus untuk distribusi obat dari sebuah pemusatan NHS Paharmaceutical store (CNPS). Metoda ini menggunakan fasilitas yang ada dari sebuah toko yang besar dibawah manajemen farmasi, yang dipesan oleh rumah sakit-rumah sakit sekitar, yang tidak berada dalam satu kepercayaan yang sama. Penurunan biaya pengobatan dicapai dengan membeli beberapa item penting langsung dari pabrik. Salah satu kekurangan dalam operasional Karr adalah unit yang berdekatan kemungkinan akan menggunakan system computer yang sama dengan data yang cocok. System ini akan menyediakan pesanan untuk klien sesuai dengan daftar permintaan, untuk mengurangi  kelebihan pekerjaan administratif dengan mengurangi kebutuhan pegawai pemesanan dan factor senbanding dengan prosedur ( lihat Chapter 2 ). Keuntungan model ini adalah adanyan control farmasi dalam pemeliharaan persediaan, sebuah prinsip yang menegakkan dengan baik The Controls Assurance Standard-Medicines Management dan The Duthie Report.
            Opsi lain yang mirip dengan CNPS dengan esepsi sentralisasi toko dibawah manajemen dalam  organisasi NHS daripada dibawah manajemen farmasi. Namun singkatnya mirip dengan system sebelumnya. Metoda ini membuat masalah untuk pengguna seperti staf operasional yang tidak mempunyai latar belakang dalam farmasi dan prosedur bangsal.
            Ada beberapa tujuan lain dalam kemajuan pendistribusian bangsal langsung untuk pengguna dari yang memasarkan,  kini diketahui kumpulan pesanan bangsal. Salah satu tujuan pada Pert Royal Infirmary adalah membuat Low Et Al. Data menggambarkan penemuan tertinggi menggunakan Hand- Held Terminals, dimana kekurangan dan pengeditan menggunakan metoda AAH Hospital Service Mediate System. Keterangan lainnya dalam metoda dan biaya ditemukan dalam sebuah paper. Hasilnya memperlihatkan ada beberapa pengobatan kelebihan biaya dibandingkan dengan metoda distribusi konvensional sebelumnya, untuk pengganti kerugian ini diambil dari biaya penyimpanan staf farmasi, pemilik stok dan ruang persyaratan. Variasi cara dalam pendistribusian pada bangsal telah disimpulkan dalam sebuah paper oleh Radley.
            Apapun metoda yang digunakan keamanan dan ketepatan distribusi untuk pengguna harus terjamin. Stok harus dilindungi dari pencurian di dalam pemindahan biasanyan didalam bangsal farmasi digunakan box yang terkunci. Biasanya dilakukan pelatihan untuk staf penjaga. Polisi memberikan referensi khusus untuk transportasi obat-obatan dan medical gases. Penulisan prosedur untuk sopir harus terdiri dari beberapa aspek seperti keamanan, pemeliharaan temperature-barang sensitif dan prosedur keamaan untuk SPILLAGE.




Pengawasan Obat   

            The Profesional Standard Direktorat dari The Royal Pharmaceutical Society of Great Brithain (RPSGB) menyatakan pengawasa obat-obatan dan farmasi rumah sakit dilindungi oleh secara legal, tapi tidak tersedia satu untuk semua pelaksanaan di dalam kesibukan DGH farmasi, dimana sekitar 100-150 pengontrolan obat (CD) mengambil alih proses setiap minggunya. Daftar pelayanan diminta untuk setiap tahap dalam proses penyediaan dan pengiriman dan diaudit secara tetap untuk mencegah karyawan yang bermaksud untuk mencuri. Sayangnya hal ini membutuhkan kesadaran yang tinggi dari semua pihak (lihat pengawasan control obat).

Menyediakan Pengontrolan obat -obatan 
           
            Pengontrolan obat adalah pokok persoalan pada bangsal, namun didalam undang-undang tidak ada persyaratan bahwa perawat harus menerima sebuah buku catatan stok yang menjelaskan penggunaannya, faktanya hal ini merekomendasikan praktek yang baik untuk mereka lakukan. Penyedia biasanya melibatkan pasien dalam pengontrolan stok di bangsal dengan membuat buku catatan untuk administrasi. Tidak ada keberatan untuk ini, agar dapat dibuktikan bahwa obat tersebut diberikan pada orang yang sesuai dengan permintaan, maka buku catatan stok untuk bangsal dan farmasi dibuat berdasarkan standar nasional yang disediakan oleh stasionery office. Tidak digunakan buku-buku dari sebuah tempat yang tidak terjamin, telah mempunyai nomor seri dan pemesanan disediakan oleh farmasi yang mengetahui apa yang terjadi. Pengontrolan stok obat yang dikirimkan untuk bangsal dalam kotak yang terkunci disertai dengan kwitansi untuk kurir dan ditandatangani setelah setelah obat diterima sampai di bangsal. Penulis resep juga dapat menyerahkan pesanan kepada staf perawat dibangsal dan buku pesanan yang sama dengan stpk bangsal. Tidak ada pemesanan lain yang dibutuhkan apabila obat langsung diberikan pada pasien atau orang yang diwakilkan, contohnya penyedian untuk seorang pasien rawat jalan.


Stroring Controlled Drugs

            Penyimpanan CD di bagian farmasi rumah sakit harus mengikuti dengan “The Safe Custodi Regulations 1973”; dengan menghubungkan lemari baja dengan sebuah system alarm yang jarang digunakan, tetapi memberikan alternative perlindungan yang sesuai dengan yang diizinkan. Dengan meminta perlindungan polisi untuk mencegah terjadinya kejahatan.
            Dalam bangsal pada sebuah dinding disusun lemari dengan lampu peringatan yang aktif digunakan ketika pintu dibuka. Kunci otomatis yang tidak akan terbuka kecuali dirubah untuk menjaga lemari dari perlakuan penutupan tetapi tidak terkunci. Dibeberapa departemen seperti ruang operasional, mungkin juga digunakan lampu peringatan contohnya pada ruang manajer. Item-item yang tidak berhuungan seperti cincin perkawinan pasien dan spare laryngoscope bulbs tidak mungkin disimpan pada lemari CD.

Unwanted Controlled Drugs   
            Berdasarkan undang-undang manager bangsal mengizinkan memusnahkan CDs sebagai stok bangsal tanpa saksi, tetapi untuk lebih baik transaksi dibuktikan dengan orang kedua; beberapa rumah sakit menyaratkan seorang farmasi untuk membuat CD dalam buku stok dan yang telah ditandai kedua bagian. Sebuah tindakan yang baik untuk menulis (pharmasis/MR Pharms) setelah nama mereka agar mendapat pengakuan dari perawat. The Misuse Of Drugs Act 1971 mengizinkan perawat untuk menolak CD stok farmasi, dimana mereka mungkin telah menghasilkan stok dan menerbitkan lagi (selalu mengira kualitas mereka telah terjamin). Itu penting untuk mempengaruhi perawat bahwa stok yang tidak dikehendaki adalah gambaran subjek untuk dikontrol, sejak penelitian-penelitian para ahli (PS), mereka menyukai sesuatu yang tidak terpikirkan oleh farmasi pada bangsal. Obat –obat tidak untuk diberikan kembali, memberikan obat-obat BROUGHT kepasien, mungkin diserahkan oleh farmasi tetapi akan akan menghabiskan persediaan dibawah pengawasan. Kedua hasil mereka dan desruksi harus didokumentasikan dalam pengontrolan register obat farmasi.
            Pemusnahan oleh farmasi terhadap stok obat yang tidak diinginkan harus disyahkan oleh seorang saksi (tabel 6.3). Penanndaan dengan sebuah tanda di inggris disahkan dengan surat edaran 1997.

Storage of pharmaceuticals on wards

            Area penyimpanan disesuaikan dengan kondisi tempat, biasanya lemari obat diletakkan di ruangan yang memerlukan atau ruang perawatan. Daftar lemari yang  biasa digunakan ( tabel 6.4).
            Disana dijelaskan syarat untuk keamanan dan penyimpanan obat di bangsal-bangsal Rumah sakit dan departemen didalam pedoman Duthie. Bangsal juga mempunyai trolley obat, yang digunakan untuk transportasi obat-obat disekitar bangsal selama administrasi obat. Dinding harus dikunci kembali jika tidak digunakan, agar tidak ada jalan bago radiator.

Tabel 6.3. Pengawasa obat di RS ; orang yang menjadi saksi destruksi

Pengawasan RPSGB
Polisi yang bekerja berhubungan dengan kimia
Pengawas home office drugs branch
Pimipinan eksekutif dalm NHS
Pekerja senior dalam NHS yang melaporkan kepada pimpinan eksekutif dan yang mempunyai tanggapan untuk kesehatan dan keamanan, keamanan atau manajemen resiko
Penasehat farmasi untuk kebijaksanaan kesehatan
Supervisor dari bidan ( bidan pengawas obat-obatan)
RPSGB : Royal Pharmaceutical Society of Great Britain
NHS : National Health Service
Authorised for England only by a 1997 circular



Tabel 6.4. Penyimpanan obat pada bangsal
Lemari obat dalam
Pengawasan lemari obat

Biasanya obat dalam berada dilemari
Lemari obat luar
Lemari disinfektan

Lemari pendingin untuk obat

Lemari untuk reagen tes urin
Area bersih untuk IV dan aliran cairan

Kadang-kadang disebut lemari lotions oleh suster
Ukurannya cukup besar, digunakan untuk TPN jika cocok.
Biasanya dalam pintu air
Tidak perlu dikunci.
TPN : Total Parentral Nutrition
IV : Intra Vena

Mengontrol stok bangsal
            Farmasis menentukan kualitas penggunaan farmasi disebuah rumah sakit tentang penggunaan, dan mengatur pemeriksaan stok pada bangsal dan departemen-departemen dengan staf farmasi dan menjelaskan tentang kondisi penyimpanan. Ada sebuah prasedur tertulis yang diikuti dan catatan tentang data yang ditemukan. Sebuah laporan pemeriksaan ditulis dengan sebuah komentar, ini didiskusikan dan ditanggapi oleh para perawat di bangsal , dan untuk selanjutnya di usahakan untuk dilaksanakan.
Point yang dilaksanakan untuk pertimbangan ketika pelatihan staf untuk tugas ini adalah :
·        Sikap tanpa kritik
Tindakan sebagai seorang sahabat lebih menolong , tanpa rasa sombong. Perawat lebih menyukai untuk menolong dan bekerja sama dalam mengurangi stoksesuai untuk bangsal apabila tidak ada paksaan, yang selalu mengatur dengan manajer bangsal. Masalah yang didiskusikan dengan manajer bangsal agar tidak diketahui oleh yang lain dan diambil kebijaksanaan dengan cepat.
·        Kebersihan dan higienis
Besarnya area penyimpanan akan sulit untuk dibersihkan dan banyaknya kotak berisi cairan akan menghalangi pembersihan. Larutan manis akan menarik datangnya kecoa, cold buildings and pharaoh’s ants in new, warm buildings.
·        Perputaran stok
Biasanya sulit untuk mempercayakan perawat yang sibuk untuk mengambil stok baru dari yang lama dengan memeriksa terlebih dahulu.
·        Memeriksa levels stok
Mungkin pemeriksaan level stok dengan memeriksa data pokok dan melihat kembali pemesanan stok. Stok yang tidak digunakan harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Bangsal dan manajer financial akan memperhatikan uang masuk dimana mereka mempunyai kredit dalam jalan ini- jalan yang mudah untuk membenarkan penjualan dalam sebuah kualitas farmasi.
·        Penyimpanan yang sesuai
Periksa item-item yang akan disimpan dilemari yang benar. Periksa yang mudah terbakar, akan lebih baik apabila terlindung dari pengoksidasi, ditutup dengan baik, untuk benda yang berbahaya atau alat listrik seperti lemari pendingin, diberi label dengan baik, penyimpanan dekat tabung oksigen atau material yang mudah terbakar maka stok-stok tsb dibalut. Penjelasan tentang pengambilan dari dus atau yang berpotensi terjadi kontaminasi diluar container sampai menuju daerah bersih seperti ruangan dialysis. Diigatkan bahwa stok harus disimpan langsung pada lantai-lantai dengan pemanas dibawah lantai.
·        Lemari pendingin
Sebuah bagian terpisah yang terkunci dengan monitor temperature yang sesuai dengan obat-obatan dan tidak pernah digunakan untuk makanan, specimen patologi, memasukkan sample darah atau urin atau sesuatu yang lain. Rancangan yang sesuai adalah berdasarkan NHS, tetapi modelnya tidak mungkin cukup besar untuk beberapa pemakai. Disediakan lemari pendingin yang sesuai untuk cairan TPN ( total parentral nutrition) dan sitotoksik. Beberapa perawat mendinginkan item dengan menyimpan pada temperature kamar seperti heparin dan menjelaskan comploin terhadap lemari es pada bangsal kecil. Sebaliknya pengawasan untuk item-item seperti sirup antibiotic yang diperoleh dari lemari es, setelah ronde pengobatan jarang dikembalikan dan untuk beberapa lama berada pada trolley pengobatan dengan suhu kamar.
  


             

           

Tidak ada komentar:

Google Ads