Google ads

Rabu, 15 Januari 2014

PERENCANAAN PENGADAAN OBAT

Logistik farmasi tidak dipisahkan ataupun diasingkan, tapi merupakan suatu subsistem yang sangat penting dari sistem kesehatan total yang menyediakan pelayanan untuk keperluan masyarakat. Sebagai catatan pada bab terdahulu, system kesehatan diri hanya satu sektor pada sistem sosial keseluruhan yang ada di Negara. Tujuan utama adalah mengurangi ketidaksenangan, ketidakmampuan, ketetapan angka kematian yang terus menerus dari pelayanan kesehatan pada tingkat masyarakat. Sistem logistik membantu mencapai tujuan ini dengan saling berhubungan dengan sistem bantuan lain yang merupakan bagian tujuan yang sama. Pada pengembangan sebuah rencana untuk perbaikan sistem logistik, penting untuk menetapkan batas dari “sistem” yang cukup luas untuk memasukkan semua komponen yang akan berpengaruh besar pada kesuksesan atau kegagalan dari suatu rencana.

I.  Model Perencanaan
Ada 6 langkah untuk mengembangkan sebuah rencana untuk perbaikan logistik yang akan menjamin pertimbangan dari semua faktor berikut :
a.     Mendirikan tim perencanaan logistic
b.     Menetapkan tujuan dan objektif untuk sector kesehatan
c.      Mendirikan prioritas untuk perkembangan program
d.     Menggambarkan situasi logistik dan sumber yang ada
e.      Mengenali kekurangan
f.       Merancang strategi untuk perbaikan
Sekali rencana dibuat, sebuah strategi untuk pelaksanaan harus dikembangkan, setelah perubahan pelaksanaan, Ada 3 fase, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang berulang terus menerus untuk membentuk ”iterative cycle dari perencanaan”.
Gambar 1.C.1. menggambarkan dua jalan perubahan yang dapat dikerjakan. Strategi pertama, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang mirip model perubahan kemajuan dengan perubahan ukuran yang sama. Gambaran ini merupakan rencana yang dirancang untuk seluruh sistem logistik, pelaksanaan, evaluasi, dan mengatur keperluan yang lainnya. Pemberian pengadaan sekarang ini dari sistem logistik adalah pada sebagian besar Negara yang sedang berkembang, hingga 5 tahun mungkin diperlukan untuk peninjauan strategi ini.
Strategi kedua mirip sebuah spiral yang semakin luas atau berkembang, perubahan perencanaan awal adalah pada bidang dan waktu yang sangat singkat. Pelaksanaan terjadi pada tambahan kecil yang memberikan evaluasi cepat dan pencocokan yang cepat dari perencanaan.   

Tidak ada komentar:

Google Ads