Google ads

Jumat, 18 Januari 2013

Obat antidiabetes oral



Obat antidiabetes oral umumnya digunakan untuk pengobatan pada diabetes tipe 2. Berdasarkan mekanisme kerjanya obat antidiabetes oral dibagi menjadi tiga kategori yaitu : pemicu sekresi insulin, penambah sensitivitas insulin dan menghambat glukosidase alfa.
a. Pemicu sekresi insulin
1. Sulfonilurea
Obat golongan ini menstimulasi sel beta pankreas untuk melepaskan insulin yang tersimpan. Mekanisme kerja obat golongan sulfonilurea:
·         Menstimulasi pelepasan insulin yang tersimpan
·         Menurunkan ambang sekresi insulin
·         Meningkatkan sekresi insulin sebagai akibat rangsangan glukosa
Obat golongan ini contohnya glibenklamid, glipizid, glimepirid dan glikazid. Glibenklamid secara reaktif mempunyai efek samping yang rendah. Hal ini umum terjadi dengan golongan-golongan sulfonilurea dan biasanya bersifat ringan dan hilang sendiri setelah obat dihentikan. Efek biologis glibenklamid selama 12-24 jam setelah pemberian obat.
b. Penambah sensitivitas insulin
1.      Biguanid
Golongan biguanid yang masih dipakai adalah metformin. Penjelasan lengkap tentang mekanisme kerja biguanid masih belum jelas. Mekanisme yang diusulkan baru-baru ini meliputi stimulasi glikolisis secara langsung dalam jaringan dengan peningkatan eliminasi glukosa dalam darah, penurunan glukoneogenesis hati, melambatkan absorbsi glukosa dalam saluran cerna, dan penurunan kadar glukagon plasma (Bosenberg, 2008)).
1.      Tiazolidindion
Tiazolidindion merupakan golongan obat antidiabetes oral yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin terhadap jaringan sasaran. Kerja utama obat golongan tiazolidindion yaitu untuk mengurangi resistensi insulin dengan meningkatkan ambilan glukosa dan metabolisme dalam otot dan jaringan adiposa (Bosenberg, 2008).
c. Penghambat glukosidase alfa
Obat ini bekerja dengan mengurangi absorbsi glukosa di usus halus, sehingga mempunyai efek menurunkan kadar glukosa darah sesudah makan. Contohnya adalah akarbosa (Bosenberg, 2008).

Tidak ada komentar:

Google Ads